Anda adalah pengunjung ke 38679 dengan alamat IP 3.238.248.200 dan browser Something else. Sampai saat ini kami memiliki 316 anggota. Hari ini ada 0 Member baru, yaitu:

Yuk! Belajar Tangga Nada serta Harmoni pada Piano

Tangga Nada   19 Agu 2021    0 Komentar    59 view

Belajar Tangga Nada serta Harmoni pada Piano. Improvisasi memberinya kemampuan yang menarik untuk semua musikus. Yaitu agar bisa terlepas dari "belenggu" partitur hingga melepaskan kreasi, atau agar bisa ekspresikan emosi individu lewat piano. Siapakah yang tidak mengimpikannya? Mengawali belajar piano sebagai salah satunya wujud improvisasi!

Pertanyaan paling besar dalam soal improvisasi piano ialah "bagaimana." Bagaimana Anda belajar berimprovisasi pada piano? Belajar bermain piano dan belajar berimprovisasi membutuhkan latihan! Dapatkan panduan khusus kami.

Beberapa jenis Tangga Suara dan Misalnya

Tangga suara ialah rangkaian suara yang diatur dengan memakai formulasi jeda tertentu. Apakah itu Jeda suara? Jeda suara ialah jarak di antara satu suara ke suara yang lain. Beberapa macam jaraknya, diantaranya ½, 1, 1 ½ 2. Jarak-jarak itu yang tentukan tipe tangga suara macam suara. Pada tangga suara, ada 3 tipe tangga suara, yaitu tangga suara diatonis, tangga suara pentatonis tangga suara kromatis. Berikut keterangan mengenai tangga suara itu :

Tangga Suara Diatonis

Diatonis maknanya tangga suara yang mempunyai 7 suara dan mempunyai 2 type suara yaitu 1 dan 1 ½. Umumnya tangga suara ini dapat kita dapatkan atau permainkan di musik modern atau kontemporer. Tangga suara diatonis terdiri jadi 2 tipe type, yakni :

Tangga Suara Minor : biasa dipakai untuk beberapa lagu pop yang mempunyai situasi berbahagia, cerah dan semangat.
Tangga Suara Mayor : tangga suara ini bila dimainkan akan memunculkan situasi khusyuk, dalam, bersedih atau gelap.

Tangga Suara Pentatonis

Sama dengan namanya, tangga suara pentatonis, penta (lima) dan tone (suara) ialah tangga suara yang menggunakan 5 suara. Tangga suara ini cukup dikenali di kelompok musik rock n roll, blues dan beberapa macam lagu pop. Tangga suara ini terdiri jadi 2, diantaranya:

Slendro : yang bisa dilaksanakan dengan membuat suara ke 1 - 2 - 3 - 5 - 6
Pelog : dapat dilaksanakan dengan membuat suara ke 1 - 3 - 4 - 5 - 7

Contoh lagu yang memakai tangga suara pentatonis diantaranya :

Jali-jali
Suwe ora jamu
Cublak-cublak suweng
Lenggang kangkung

Tangga Suara Promatis

Tangga suara ini terbagi dalam 12 suara yang memiliki jarak ½. Tipe tangga suara ini lumayan banyak dipakai untuk tipe lagu rohani, blues, jazz, pop dan beberapa lagu rock. Lantas, tangga suara ini dikuasai oleh pertanda kromatis, simbol suara yaitu pertanda # (kruis) dan b (mol).

Improvisasi pada Piano sebagai Suatu hal yang paling Penting dalam Musik

Improvisasi lebih bernilai dibanding formasi pada tingkat "rasional" dan "bersejarah." Semua komposer kreasi dalam sektor piano, dan dalam sektor musik secara umum, lebih sebagai beberapa pengimprovisasi (improviser).

Perubahan musik jazz yang lebih satu era lama waktunya memperlihatkan jika akar musik ialah dari hasil permainan improvisasi.

Namun, improvisasi penting juga dalam sektor musik "classic". Ingat-ingatlah jika pembuatan mekanisme notasi musik relatif baru.

Kurang lebih dari akhir Era Tengah. Saat notasi musik belum diperkembangkan dan ditingkatkan seperti saat ini, improvisasi benar-benar diperlukan pada proses membuat dan mainkan musik.

Tetapi improvisasi masih kita kerjakan, bahkan juga sesudah ada standarisasi mekanisme notasi musik classic. Bach dahulunya ialah seorang improviser saat sebelum jadi komposer populer.

Dalam formasi tertentu pada jaman itu, kebebasan besar diambil dengan melaukan interpretasi, lewat tehnik basso continuo dan jeda annotation, dan lewat chord nanti.

Bila Anda ingin pahami improvisasi pada piano, Anda harus melatih diri dengan beberapa sumber musik yang perlu itu.

Kondisi Pemikiran yang Pas untuk Pelajari Langkah Lakukan Improvisasi pada Piano

Improvisasi ialah hasil dari 1 tehnik, dari keakraban intim pada musik dan bahasanya. Kami akan balik mengulas subyek ini pas sesudah kita mengulas beberapa dasar serasi musik. Tidak mungkin untuk lakukan improvisasi tanpa ketahui beberapa dasar serasi.

Tetapi, sebelumnya, Anda harus tahu jika improvisasi bermula dari kondisi pemikiran. Agar bisa berimprovisasi, dengan arah agar bisa pelajari langkah bermain piano secara cepat, Anda harus lebih dulu memerhatikan point itu, "menimpa" satu kondisi pemikiran yang aman untuk lakukan improvisasi dalam diri Anda.

Improvisasi memberikan satu keyakinan pada diri Anda. Berimprovisasi memiliki arti tinggalkan jalan yang umum dilewati, yaitu les piano, mengalihkan perhatian Anda dari partitur, dan ekspresikan emosi dan hati individu yang kerap kali lebih dalam dibanding yang ditampilkan sepanjang dalam les piano untuk yang baru memulai di Jakarta.

Berani berimprovisasi sebagai langkah awal untuk siapa saja yang ingin belajar langkah berimprovisasi pada piano. Tidak menghawatirkan olokan atau pemikiran orang lain, khususnya pada saat-saat awalnya, bergembira, ikuti perasaan, santai, menyaksikan diri kita dari pemikiran lain—singkatnya, melepas beban dari pada diri. Anda akan membuat guru piano Anda takjub.

Dengarkan Musik Untuk berimprovisasi, Anda harus mempunyai kesensitifan musik yang tinggi. Selalu demikian. Bila Anda ingin belajar improvisasi pada piano, itu karena Anda telah menyenangi musik, karena Anda benar-benar menyenanginya.

Tetapi, penting untuk dikenang: makin banyak Anda dengarkan musik, Anda akan makin maju dalam soal improvisasi. Karena improvisasi lebih dari sekadar spontanitas. Ide bukan hanya tiba dari pada diri, dari hati, dari emosi intern. Ide sebagai hasil atas sesuatu yang pernah Anda dengar. Untuk seniman-seniman lainnya, musik bisa menjadi sumber khusus atau bahan khusus ide dan improvisasi.

Improvisasi pada dasarnya ialah mengenai ingat ulang—secara sadar atau tidak sadar—pola, kalimat musik, atau bunyi yang sempat Anda dengar. Kenali Dasar-Dasar Serasi Musik (Kesesuaian Bunyi) Berlainan dengan yang kemungkinan mungkin Anda anggap, berimprovisasi tidak dilaksanakan secara random. Improvisasi ialah kesetimbangan di antara kebebasan dan ketergantungan. Anda dapat menjelaskan hal sama pada semua wujud kreativitas. Anda tidak membuat suatu hal dari tiadanya. Untuk melukis kreasi seni yang orisinal tidak hanya cukup dengan di inspirasi atau liarnya khayalan.

Bila Anda tidak paham langkah melukis, Anda tidak pernah merealisasikan mimpi besar yang Anda punyai (Anda dapat cobanya sendiri). Pada intinya, seorang pelukis yang orisinal sebagai seorang pelukis yang mengetahui triknya melukis, yang disebutkan master tehnik melukis. Dalam piano sama.

Bagaimana opini Anda mengenai beberapa buku terbaik untuk pemain piano pemula berikut? Bila Anda tidak pernah latihan piano atau bila Anda tidak mempunyai pengetahuan minimum mengenai beberapa dasar serasi, hasil improvisasi Anda beresiko jadi benar-benar menjemukan. Anda tak perlu ambil pelatihan komplet mengenai piano dan serasi musik. Anda perlu ketahui dasar-dasarnya dan Anda akan tertolong dalam berimprovisasi.

Anda juga bisa minta kontribusi guru piano Anda! Bila Anda mengawali tahapan improvisasi pada piano, arah awalnya Anda ialah berimprovisasi dengan mainkan melodi dengan tangan kanan dan chord dengan kiri. Pembagian tangan kanan untuk melodi dan tangan kiri untuk chord sebagai salah satunya ketentuan yang paling ketat dalam musik.

Makin Anda berkembang, Anda segera dapat makin terlepas dari pembagian peranan yang kaku ini. Kita akan mengulas dua point berikut:

Bagaimana triknya membuat melodi (dengan tangan kananmu)?
Bagaimana triknya hasilkan chord yang "sesuai" dengan melodi (dengan tangan kirimu)?

Membuat Melodi dalam Piano: Prinsip-Prinsip Dasar

Tidak ada langkah ajaib untuk membikin melodi piano. Melodi ialah komponen paling bebas dalam musik, yang sekurang-kurangnya terbatasi oleh ketidakleluasan.

Anda akan selekasnya menyaksikan jika ketidakleluasan lebih bernilai saat bertemu dengan chord (dengan tangan kiri). Ide sebagai hal pertama kali yang dibutuhkan dalam membuat melodi.

Sama seperti yang kita ulas awalnya, melodi mempunyai dua sumber:


Melodi datang dari dalam batin, situasi hati, emosi,atau hati yang anda alami. Dibanding dengan komponen musik yang lain, melodi lebih sebagai gestur dari jiwa si seniman.
Melodi dibuat oleh komposer yang Anda dengar. Pembuatan ada selalu sumbernya. Melodi sebagai dari hasil kesensitifan musikal yang diperkembangkan oleh pendengar yang penuh perhatian, dan dari kesensitifan musikal yang tetap ada dalam musik Anda (sudah pasti bukan hanya dalam kreasi musik piano).

Untuk membikin melodi dalam piano, salah satu "persyaratan" atau hal yang penting Anda kenali ialah tangga suara.

Untuk mengimprovisasi satu melodi, Anda perlu pahami susunan tangga suara di mana Anda berimprovisasi dan ketahui langkah bermain piano. Tangga suara ialah rangkaian tujuh suara berurut, yang dipisah oleh 1/2 suara (misalkan E-F) atau satu suara penuh (misalkan C-D). Bila Anda ada di C mayor, tangga suaranya bisa menjadi: C-D-E-F-G-A-B- (C).

Bila Anda ada di E mayor, tangga suaranya ialah: E-F # -G # -A-B-C # -D # - (E). Keseluruhannya ada dua belas tangga suara mayor dan dua belas tangga suara minor. Sebuah melodi dibikin memakai nada-nada pada suatu tangga suara.

Bila Anda mengimprovisasi sebuah melodi dalam C mayor, Anda dapat memakai nada-nada dari tangga suara C mayor: semua suara 1/2, bukan suara seperempat. Untuk memulainya, Anda dapat lakukan improvisasi dengan memakai tangga suara C mayor.

Ketentuannya ialah seperti berikut: melodi selalu ada di suatu tangga suara tertentu, rangkaian tujuh suara. Tentu saja, dalam C mayor, bisa saja untuk memakai nada-nada di luar C mayor, tapi untuk mengawali lebih bagus tidak memakai nada-nada selainnya yang ada dalam tangga suara itu.

Anjuran: pada umumnya, sebuah melodi tidak tersusun dari nada-nada yang sama-sama bersimpangan. Bila Anda mainkan: C-G-B-F-B, melodi yang dibuat tidak kedengar "cantik," tidak mempunyai kesesuaian, kedengar "tidak sesuai." Dalam sebuah melodi, sebuah suara yang diulangi tak perlu dipisah oleh lebih dari tiga atau empat suara pembatas. Tentu saja, satu kali lagi, ini ialah ketentuan yang bermanfaat saat Anda baru mengawali, tapi Anda nanti dibolehkan tidak untuk mematuhinya. Supaya bisa terlepas dari ketidakluluasaan dalam musik, Anda harus pahami dan menguasainya lebih dulu.

Anda bisa juga pelajari langkah menyetel piano Anda… Mainkan Akord dengan Tangan Kirimu: Dasar-dasarnya Bagaimana triknya menemani melodi (dimainkan secara hipotetis oleh tangan kanan) dengan tangan kiri? Tentu saja dengan memakai chord. Akord memungkinkannya Anda untuk tingkatkan melodi yang kurang bila berdiri dengan sendiri.

Namun, chord yang mana harus diputuskan? Ataupun lebih persisnya:

Bagaimana triknya membuat chord yang Anda permainkan dengan tangan kiri jadi "sesuai" dengan melodi dari tangan kanan Anda?
Bagaimana triknya membuat chord-chord itu jadi sesuai keduanya (dalam soal ini)?

Serasi musik ialah jawaban untuk ke-2 pertanyaan itu. Serasi musik atur pengetahuan mengenai chord dan pengurutannya.

Serasi musik cukup baru. Pada Era Tengah, pengetahuan musik beberapa musikus dikuasai oleh melodi. Musik mereka mempunyai suara tunggal (Gregorian chanting), atau suara ganda, tapi selalu berbentuk melodi. "Pengetahuan" yang pelajari koeksistensi beberapa baris melodi dalam lagu apa saja disebutkan "Counterpoint." Counterpoints jawab pertanyaan: bagaimana triknya pastikan bunyi melodi yang lain dalam sebuah lagu dapat sesuai? Tidak ada ulasan mengenai serasi.

Selanjutnya, musik alami perubahan (selama saat Renaisans): suara paling tinggi (sopran) jadi mandiri dari beberapa suara lainnya (alto, tenor, dan bass) dan jadi salah satu suara melodi. Dan demikianlah lahirnya serasi musik. Karena terbatasinya ruangan dalam artikel ini, kami tetap berdasar pada beberapa ide dasar yang berkaitan dengan serasi.

Dalam tangga suara, Anda mempunyai tujuh suara yang lain, yang disebutkan dengan "jenjang." Bila Anda ambil tangga suara C mayor, Anda mempunyai suara C-D-E-F-G-A-B-(C). Dengan memakai masing-masing catatan ini, Anda dapat membuat chord. Akord ialah gabungan dari 2 jeda: yang ke-3 dan yang ke-5. Chord C, misalkan, terbagi dalam: C-E-G. Jeda C-D ialah jeda ke-3 dan jeda C-G ialah jeda ke-5. Chord G terbagi dalam: G-B-D.

Pada suatu tangga suara, ada tujuh chord berlainan, tapi chord-chord itu tidak mempunyai tingkat kebutuhan yang serupa. Chord yang terpenting ialah yang dibikin di tingkat pertama, ke-4, dan ke-5 . Maka, dalam tangga suara C mayor:

Chord C mayor tingkat pertama: C-E-G (disebutkan chord "tonika").
Chord G mayor tingkat ke-5: G-B-D (disebutkan chord "menguasai").
Chord F mayor tingkat ke-4: F-A-C (disebutkan chord "subdominan").

Saat ingin baru mengawali untuk lakukan improvisasi, Anda dapat mengawali dengan memakai tiga chord fundamental di atas.

Permainkan ke-3 chord ini dengan tangan kiri Anda secara berganti-gantian saat Anda mainkan melodi yang Anda improvisasi dengan tangan kananAnda.

Coba untuk mendapati gabungan yang paling"cocok"antara ke-3 nya. Anda akan menemui jika dengan memakai ke-3 chord itu, improvisasi yang Anda kerjakan tidak kedengar "salah."

Selanjutnya, sesudah Anda melatih diri dengan improvisasi pada piano, Anda dapat:

Pakailah chord-chord lainnya, ketahui jika: chord ke-2 (D-F-A) benar-benar dekat sama chord ke-4 (ada dua suara yang dipakai bersama). Chord ke-2 tawarkan macam pada chord ke-4. Chord ke-7 (B-D-F) ialah chord yang lebih kurang kuat yang paling dekat sama chord ke-5. Chord ke enam memakaidua suara yang serupa dengan chord ke-4 dan chord pertama . Maka, chord ke enam dapat dipakai untuk menukar ke-2 chord itu. Penting: chord ke-3 (dalam C mayor: E-G-B) jarang dipakai dengan semacam ini. Menjadi lebih baik menghindariinya.
Anda dapat masukkan improvisasi ke program evaluasi langkah bermain piano punya Anda.
Pakai chord dalam posisi yang kebalik. Misalkan, permainkan E-G-C sebagai alternatif C-G-E.
Pakai tangga suara selainnya C mayor.
Pada sebuah improvisasi yang serupa, berpindahlah dari 1 tangga suara ke tangga suara yang lain. Perubahan tangga suara mempunyai ketentuan tertentu, tapi sayang kita tidak punyai saat yang cukup buat mengulasnya.

Ringkasannya, improvisasi adalah langkah yang lebih bagus untuk belajar langkah bermain gitar. Dan ingat: tidak ada kata telat untuk memulai bermain piano!


Tags : Chord Dan Harmoni, Tangga Nada Mayor, Tangga Nada Mayor Adalah, Tangga Nada Pentatonis Adalah, Tangga Nada Minor, Tangga Nada Diatonis, Tangga Nada Minor Adalah, Tangga Nada Diatonis Mayor
Author : admin
Tentang saya : Hanya orang biasa saja..
Untuk Pendaftaran Klik Daftar

Tulis Komentar

Silahkan login untuk menulis komentar.

Komentar

Belum ada komentar.

Login

Casmadi Off   7 jam yang lalu
usman Off   7 jam yang lalu
supri Off   7 jam yang lalu
solihin Off   8 jam yang lalu
ato Off   8 jam yang lalu
ade Off   8 jam yang lalu
adi Off   8 jam yang lalu
admin Off   10 jam yang lalu
almahira Off   16 jam yang lalu
maulana Off   7 hari yang lalu
Forum sampling korg
Visitor 38679
Artikel 223
Diskusi 3
Upload 316
Foto 41
Komentar 34
Anggota 316
Penulis Artikel 8
Penulis Diskusi 3
Uploader 11
Foto Uploader 6